Dari, Oleh, dan Untuk Kita

Sebagai lulusan farmasi, awalnya saya skeptis dengan produk obat-obat herbal yang mengklaim dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa efek samping sama sekali. Apalagi banyak ditemukan obat tradisional atau jamu yang ternyata mengandung bahan kimia obat. Ketika memiliki keluhan kesehatan, saya lebih memilih istirahat dan banyak mengonsumsi buah sayur. Kalau sudah lumayan parah, barulah dengan terpaksa mau meminum obat kimiawi.


Hingga suatu hari, seorang teman mengenalkan produk HNI-HPAI (Halal Network Internasional - PT Herba Penawar Alwahida Indonesia). Berasaskan Alamiah, Ilmiah, dan Ilahiah, produk-produknya ternyata berkualitas dan tidak over-claimed membuat saya jatuh cinta setelah mencobanya. Apalagi mereka menjamin kehalalan produknya dengan slogan yang positif yaitu, Produk Halal Tanggung Jawab Bersama. Hingga kini sudah hampir lima tahun saya hijrah ke HNI-HPAI untuk berbagai kategori produk, mulai dari produk herbal, makanan dan minuman kesehatan, serta kosmetik dan perawatan diri. Yang kali ini mau dibahas yaitu salah satu produk best seller dari kategori kosmetik dan perawatan diri yaitu Pasta Gigi Herbal (PGH) HPAI.
Sebagai upaya meminimalkan penggunaan bahan kimiawi sintetis, PGH HPAI memakai siwak, sirih, mint, dan pinang sebagai kandungannya. Produsen juga mengganti penggunaan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) sebagai deterjen yang dapat menyebabkan ulser pada mulut kering, efek samping merugikan dan iritasi bagi jaringan lunak di rongga mulut. Sebagai gantinya, mereka menggunakan Sodium Lauryl Sarcosinate yang lebih aman, lembut, dan sedikit busa yang berarti tidak memiliki sifat abrasifnya yang kuat, namun daya bersih tetap tinggi, cocok untuk gigi sensitif juga.
“Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhaan bagi Rabb,” (Hadis riwayat Ahmad).
Memang awalnya ada yang aneh ketika baru beralih. Biasa pakai merek tertentu dengan busa yang banyak. Tapi justru ketika sudah terbiasa, pakai odol merek lain rasanya jadi aneh, tak nyaman dengan banyaknya busa. Gusi saya yang dulu sering berdarah ketika sedang gosok gigi, sekarang sudah tidak lagi alhamdulillah. Aman juga untuk anak-anak. Saya sudah memakaikannya untuk sulung kami sejak ia berusia mendekati dua tahun.
PGH HPAI juga tak mengandung Flouride. Unsur ini memang mampu melindungi kerusakan gigi. Akan tetapi, paparan Flouride yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan fluorosis gigi atau fluorosis skeletal, yang dapat merusak tulang dan persendian, serta menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tiroid, neuro, kulit, kardiovaskuler, dan reproduksi. Hal ini sebagaimana dilansir oleh International Association of Oral Medicine and Toxicology (IAOMT), sebuah organisasi yang mengampanyekan melawan penggunaan Flouride tambahan. Karena sebetulnya unsur ini ditemukan secara alami di tanah, air, dan makanan. Tak heran banyak ibu hamil yang beralih ke pasta gigi ini, bahkan para tenaga kesehatan juga.
Kelebihan lainnya, pasta gigi ini dapat digunakan dengan cara kering tanpa perlu berkumur dulu sebelum menyikat gigi. Jadi praktis dan hemat waktu ya.
HNI-HPAI juga turut menggerakkan perekonomian muslim. Jadi kalau tadinya masih beli merek lain yang berafiliasi pada mereka yang membantu musuh-musuh Islam, kini kita bisa berkontribusi dengan lebih baik.
Bocoran produk baru HPAI, berbagai varian dari PGH.

#NonFiksi
#ODOPBatch6
#reviewproduk
#Hari67

14 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih, Mbak. Semoga bermanfaat infonya ya. 😊

      Hapus
  2. Semakin banyak tersedia yang alami sekarang. Jadi pingin nyoba

    BalasHapus
  3. Menarik sekali produknya, jd ada alternatif selain bbrp merek yg sudah ada di pasaran ya mba. Btw, kakak suka pake pasta gigi ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah lima tahun ini pakai, Mbak Evita 😊

      Hapus
  4. Balasan
    1. Di agennya Bu, namanya Halal Mart HNI-HPAI 😊

      Hapus
  5. Boleh dicoba buat anak-anak klo gitu 😊

    BalasHapus
  6. Aku sekeluarga juga baru belajar ke arah herbal ini mb, anak anak kalo sakit juga minum madu aja, malah jarang ke dokter sekarang sejak mulai jauh dari obat obatan kimia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susu kambing HPAI juga baik untuk daya tahan tubuh anak, Mbak :)

      Hapus
  7. Baru tau kalau hpai itu produk lokal

    BalasHapus