Arti Ayah

Meski tak mengandung, melahirkan, dan menyusui seperti Ibu, Ayah juga punya cinta tak berujung kepada anaknya. Beliau yang berusaha keras agar anaknya tercukupi segala kebutuhannya. Yang dalam lelahnya tetap tersenyum mendekap kesayangannya. Ia rela memangkas kesenangannya demi kebahagiaan sang buah hati. Ayah juga ikut terluka ketika melihat anaknya bersedih. Meski dalam diamnya, lelaki tangguh itu selalu mengawasi dan mendoakan kebaikan untuk anaknya.

Bagi Mega Dewi Suryani (29), sosok yang dipanggilnya Bapak itu adalah role model yang menjadi inspirasi perjalanan kehidupannya sampai saat ini. “Bapak menjadi sosok yang sangat penting di dalam keluarga karena beliau tidak hanya berperan sebagai ayah, tapi bisa jadi teman, guru, pemimpin, dan penjaga. Bisa dibilang Bapak itu belahan jiwanya Mega,” ungkap pegawai Ethica Industri Farmasi & Fresenius Kabi Indonesia ini sambil menahan haru.
Ketika ditanya apa yang paling menjadi inspirasi baginya, Mega menjawab bahwa banyak hal dari Bapak yang menjadi inspirasi baginya. “Yang paling melekat adalah sifat beliau yang berprinsip, tapi bukan berarti serius dan galak. Beliau cenderung tegas tapi tetap santai. Bapak pun selalu berpesan untuk berbagi apapun yang kita punya dengan orang lain. Enggak harus dengan harta, tapi bisa juga dengan tenaga atau bentuk lainnya.”
Selain itu, pengajaran Bapak dan Mamak dari Mega yang terus ia jalani hingga kini adalah ketika menginginkan sesuatu jangan terbiasa menengadahkan tangan, tapi harus usaha dengan tangan atau hasil keringat sendiri. Harus dilihat pula apakah benar-benar butuh, karena orang tua saat itu juga kondisi ekonominya cenderung menengah ke bawah. “Impaknya berasa banget sih sampai sekarang kalau pengen ini itu pasti mikir dulu penting apa enggak. Butuh apa enggak,” tutur wanita berwajah ramah ini.
Sementara menurut Mutia Anggriani (29), “Bapak itu panutan, sosok ideal, penenang, pengajar, pelindung, tempat mengadu, tempat merengek, dan cinta pertama aku.” Ibu satu anak yang kini bekerja di Taisho Pharmaceutical Indonesia ini menjelaskan bahwa Bapaknya jika menyuruh anak dilakukan dengan memberi contoh. Ketika Bapaknya ingin Mutia rajin membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maka beliau akan menunjukkannya dengan ikut membersihkan rumah, mencuci baju sendiri, menyiram tanaman, dan lain sebagainya. Mutia menduga Bapaknya memiliki prinsip ‘children see, children do’. Bapak Mutia juga selalu menunjukkan bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. “Kalau lagi main ke kantor, padahal udah pensiun, selalu bawa makanan buat teman-temannya, walau cuma siomay,” kenangnya sambil menahan bulir-bulir air mata.
Mutia menceritakan bagaimana lembut hatinya sang Bapak karena tak pernah membentak anak-anaknya bahkan ketika sangat marah. Ia pun tak pernah melihat langsung Mama dan Bapaknya bertengkar. Beliau selalu bisa menjadi penyeimbang sang Mama dalam berbagai sisi, terutama sisi emosional.
Selanjutnya, arti sosok lelaki kuat yang dipanggil Papa bagi Eva Riyani Yasir (29) adalah pembentuk karakter dirinya dan menjadi guru dalam berbagai hal. “Papa yang menanamkan kewajiban-kewajiban dalam agama seperti salat, puasa, dan lain-lain. Beliau juga mengajarkan loyalitas dan kejujuran yang selalu gue pegang teguh sampai sekarang,” jelas ibu dari dua orang putri yang kini berdomisili di Duri, Riau.
Eva merinci sosok ayahnya itu. “Papa orangnya tegas, keras, amanah, teliti, tertata rapi, tanggung jawab, dan percaya diri. Beliau orang yang kuat dengan semangat hidup yang tinggi, bisa melawan penyakitnya dan tetap ngantor dengan kondisi fisik yang jauh berbeda dari sebelum sakit.” Meski begitu, Papa dari Eva termasuk ayah yang sangat dekat dengan anak-anaknya semasa kecil. Tak sungkan turut mengurus anak-anak dan juga yang mengajari mereka berenang. Eva mengenang sambil menahan kerinduan yang mendalam.
Warna-warni arti ayah bagi seorang anak. Dia selalu punya tempat istimewa di dalam sanubari. Kalau kamu, apa arti ayah bagimu?

#NonFiksi
#ODOPBatch6
#Hari77

15 komentar:

  1. Balasan
    1. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan ya Mbak :)

      Hapus
  2. Setuju, sosok ayah selalu punya cara sendiri dalam mendidik anak-anaknya, sukaa mbaa 😍

    BalasHapus
  3. Kasih sayang seorang ayah sebetulnya sama dg besarnya kasih sayang ibu. Hanya beda perlakuan saja. Jadi inget bapa
    juga.

    BalasHapus
  4. Yg selalu belain kalo lagi diomelin mama.😅

    BalasHapus
  5. Bapak adalah cinta pertama anak perempuan. Duh jadi ingat anakku dan ayahnya

    BalasHapus
  6. Klo denger ayah, hanya tergambar sosok ayahku...

    Suka sama tulisannya

    BalasHapus