Ibu, Allah Ada di Mana?

sumber gambar: pixnio.com
Akhir-akhir ini, di usianya yang mendekati tiga tahun, anak sulung kami kerap bertanya, “Ibu, Allah ada di mana?” Pertanyaan itu terlontar berulang kali, pertanda ia masih mencoba memahami lebih dalam mengenai hal tersebut. Pertanyaan tersebut timbul dikarenakan setiap anak memiliki fitrah iman karena setiap anak yang lahir telah bersaksi pada Allah ketika masih di dalam rahim ibunya.
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Dia mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka, "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul, kami menjadi saksi". Supaya di hari kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami lalai dari ini." (Alquran Surat Al-A’raf ayat 172)
Maka tugas orang tua adalah menjaga fitrah tersebut. Kami berusaha selalu mengaitkan aktivitas-aktivitas anak sehari-hari dengan pencipta-Nya juga membaca doa beserta artinya. Anak di usianya memang masih berpikir secara konkrit, sehingga menceritakan Allah yang belum pernah tersensori melalui indranya bukan hal mudah. Di sinilah peran dialog iman. Karena masih di bawah tujuh tahun, maka dialognya dikaitkan dengan hal-hal yang ia rasakan. Kami berharap agar ia mengenal Tuhannya dengan baik, kemudian tumbuh cinta kepada-Nya, sehingga ke depannya ia akan taat dan bertakwa dengan setulus hati.
“Alhamdulillah, Allah beri rezeki kepada Hanif berupa makanan dan minuman, sehingga Hanif jadi kenyang, sehat dan kuat. Allah baik ya, Nak.”
“Allah itu yang menciptakan Hanif, Ibu, Ayah, meong, anjing, binatang-binatang, dan tanaman-tanaman.”
“Hanif segar ya habis mandi? Alhamdulillah Allah menciptakan air, sehingga ketika Hanif sudah kegerahan, bisa mandi dengan air yang menyejukkan ini.”
Biasanya ketika saya dan suami mengatakan kalimat-kalimat di atas dan sejenisnya, ia akan diam seolah mencerna dan tak jarang juga ia mengulang kata-kata kami seakan meminta penegasan. Begitu pun, ketika ia menginginkan sesuatu, sering kali kami ajari ia untuk memohon kepada Allah agar mengabulkan harapannya. Ia memang termasuk anak yang ceriwis, sehingga kami berusaha agar Allah menjadi kosakata yang akrab di lisannya.
Hal ini menjadi pengingat bagi orang tuanya untuk senantiasa memperbaiki keimanannya, sehingga mampu menjaga fitrah iman pada jiwa titipan Tuhannya. Karena Ayah Ibu bertugas menjadi teladan dalam perilaku-perilaku baik sesuai yang Allah ridai, berkewajiban mengingatkan anak untuk tetap berpegang teguh pada agama Allah, dan berperan membimbingnya kembali ke jalan yang benar ketika melangkah di alur yang keliru.

#NonFiksi
#ODOPBatch6
#Hari62

14 komentar:

  1. Aku pernah baca mbak.. Kl ditanya Allah di mana, jangan dijawab ada di mana".. Tapi Allah ada di suatu tempat yg bernama Arsy. Namun, Allah selalu tau apapun yg kita lakukan..
    Cmiiw yaaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Mbak. Jawabanku pun kurang lebih seperti itu ke Hanif. Tapi muncul pertanyaan lanjutan, "Jadi Allah turun dari langit, Bu?"

      Hapus
  2. Mengajarkan anak mengenal Allah memang harus sedini mungkin ya mba. Banyak sekali orang tua yang "miss" tentang hal ini. Lalu nanti kalau anaknya sudah besar mereka bingung kenapa anaknya begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga Allah memampukan dan memudahkan kita menjaga titipan-Nya sesuai rida-Nya ya.

      Hapus
  3. Saya dulu ketika anak anak masih kecil juga begitu. Harus mikir kalau mau jawab pertanyaannya. Snantianya berdoa semoga Allah memberikan pemahaman yang benar. Bukankah hidayah memang hak prerogatifNya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Bu.. Saya harus banyak belajar dari Ibu juga 😊

      Hapus
  4. Menemukan Allah dengan rasa dan logika. Indah bangetttt tulisannya mbaaa

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Semoga ada hikmah yang bisa kita petik ya, Mbak 😊

      Hapus
  6. Saya dulu dibantu dengan buku anak, judulnya "Allah" dan itu sangat membantu

    BalasHapus
  7. Dalem banget mbak, terima kasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga ada hikmah yang bisa kita petik ya, Mbak 😊

      Hapus