Merenunglah

Alhamdulillah, atas izin dan pertolongan Allah, saya dapat lulus mengikuti program one day one post (ODOP) selama dua bulan terakhir. Sempat hampir menyerah karena mendapat ujian berupa keguguran di usia kandungan sepuluh minggu dan dirawat di rumah sakit selama tiga malam, padahal saat itu program ODOP batch 6 sudah mendekati penghujungnya, tinggal sepekan lebih lagi. Akan tetapi, mengingat perjuangan satu setengah bulan sebelumnya, semangat saya memacu diri untuk menuntaskan pembayaran tumpukan utang tulisan di hari-hari terakhir.
Setelah lulus, para peserta diminta memilih akan melanjutkan di kelas Fiksi atau Nonfiksi. Awal ikut ODOP, saya kepikiran ingin ikut kelas Fiksi karena saya merasa payah sekali di bidang itu. Membaca karya-karya non fiksi penulis lain rasanya ingin bisa juga membuatnya. Namun, pada hari-H pemilihan kelas akhirnya saya memantapkan diri di kelas Nonfiksi. Karena sebagian besar tulisan saya adalah nonfiksi dan rasanya ada bakat di sana, maka semoga pilihan ini memuluskan jalan dalam menghasilkan karya yang semakin berkualitas dan bermanfaat.
Berikutnya, tugas pertama di kelas ini adalah menentukan niche blog masing-masing. Niche adalah topik yang dibahas pada sebuah blog. Bisa dikatakan juga sebagai ciri khas dari blog tersebut. Niche yang fokus pada satu topik berperan penting dalam SEO (Search Engine Optimization) sehingga blog akan lebih cepat mengalami perkembangan. Hal ini juga memengaruhi jika ingin menghasilkan uang dari tulisan kita.
Akhirnya saya memutuskan untuk mengemudikan blog ini dengan niche renungan dan motivasi. Pikiran saya sering kali tak mau diam mengamati kejadian yang dilihat, dirasakan, dan dialami. Menuliskan ide-ide tersebut sering kali menjadi inspirasi dan pengingat tersendiri bagi diri ini. Karena di tengah kesibukan, jiwa kita tetap butuh ketenangan untuk merenungi pencapaian dan kegagalan diri. Di sesak hiruk-pikuk dunia, kita butuh menyepi untuk kembali sadar mengelola syukur dan sabar dengan piawai. Hingga motivasi dunia jangan sampai menebas habis motivasi akhirat nan abadi.

#NonFiksi
#ODOPBatch6
#Hari58

23 komentar:

  1. Selamat bergabung di keluarga besar ODOP :)

    BalasHapus
  2. Tosss mbak.. aku juga pilih motivasi 🤗

    BalasHapus
  3. semoga menambah ilmu.. kita tunggu postingan selanjutnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, semoga ada manfaat yang bisa diambil ya, Mbak. :)

      Hapus
  4. semoga menambah ilmu.. kita tunggu postingan selanjutnya yaa

    BalasHapus
  5. Aku suka banget niche blognya renungan dan motivasi

    BalasHapus
  6. Akhirnya kita lulus odop ya mba, semoga sampai akhir

    BalasHapus
  7. Renungan, topik ringan yang seringkali menggugah hati untuk melakukan sesuatu yang penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa menggugah hati para pembaca, khususnya penulis sendiri.

      Hapus
  8. To look deeper inside ourself through writing... Very good...

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum salam kenal ya mba
    Sudah tidak sabar untuk membaca renungannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam warahmatullah. Salam kenal juga, Mbak. :)
      Silakan dibaca, sudah ada beberapa. Semoga bermanfaat yaa..

      Hapus