Untuk Apa

Sejatinya untuk apa kau bekerja keras hingga larut tiba baru pulang ke rumah? Padahal hasil jerih payahmu sering tak diapresiasi oleh pimpinan. Ia hanya tahu mengomelimu saat kau tak dapat memenuhi target walau kau sudah terus bekerja hingga akhir minggu tak bersisa waktu untuk keluarga. Apalagi rekan kerjamu malah memanfaatkan kegigihanmu, meninggalkan sebagian besar pekerjaan untukmu. Kau bahkan sering membelikan makanan untuk mitra kerja yang membantu pekerjaanmu, tapi mereka justru mendahulukan membantu pekerjaan rekanmu yang hanya bisa memerintah saja. Lalu, mengapa kau tetap membanting tulang hingga malam setiap harinya di tengah kondisi seperti ini? Tidak bisakah kau cukupkan hingga jam kerja orang normal saja?
Kau hingga tak sempat menanyakan perasaan istrimu di rumah, keadaan anakmu bagaimana. Begitu tiba di rumah, kau sibuk mengusap layar gawaimu demi mengurusi pekerjaan. Padahal, anak istrimu amat menanti belaian lembut dan tatapan hangat darimu setelah seharian menanti. Katanya untuk mereka kau mencari nafkah. Tapi mereka justru kehilangan dirimu. Lantas untuk apa kau lakukan semua ini?
Sungguh, kadar rezeki telah Allah tetapkan untuk masing-masing makhluk. Kau cukup mencari berkah dari rezeki yang telah ditakdirkan-Nya. Tak perlu mati-matian mengejar target duniawi yang membuat lalai akan target ukhrawi. Bekerja bukan untuk mendapat pujian dari boss dan kawan-kawanmu. Bekerja dalam rangka ibadah, mencari nafkah, dan berkah dari karunia yang Allah berikan. Seimbangkanlah hidup untuk dirimu, keluargamu, dan Tuhanmu. Semoga kau berkenan menerima nasihat ini. Berbenahlah untuk kebaikanmu jua.

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam hari dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. (Alquran Surat Al-Qashash ayat 73)

Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (Alquran Surat Hud ayat 6)

#komunitasonedayonepost
#odop_6
#day20
#belajarmenulis
#POV2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar