Mantra Penyembuh

Hari itu Rio tampak tak bersemangat, wajahnya sendu, sepertinya ada yang mengganggu pikirannya. Ia adalah bocah kelas dua Sekolah Dasar di sebuah desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Pak Bagus, seorang guru relawan dari program Indonesia Mengajar yang bersuku Jawa, menyadari kesenduan Rio dan berusaha menanyakan keadaannya.
“Opo1, kenapa wajahmu muram? Ada masalah kah? Pak Guru ada perhatikan dari pagi kamu tidak bersemangat?” selidik Pak Bagus.
“Kita pe anjing so tiga hari ini ada saki, 2 Pak Guru. Kita3 sedih sekali, Pak.” Rio tersedu.
“Oke, nanti pulang sekolah Pak Guru mau jenguk anjingmu ke rumah, Jangan khawatir dan sedih lagi ya,” hibur Pak Bagus.
Sepulang sekolah mereka bergegas menuju rumah Rio. Ditunjukkannya kepada Pak Bagus anjingnya yang lesu tak bergairah. Pak Bagus memandangi anjing tersebut, lalu mendekati dan mengelusnya lembut. “Su … Asu … nek arep urip, yo waras’o. Nek arep matek, yo matek’o.4
Rio tak mengerti kalimat yang diucapkan Pak Bagus. Ia pun bertanya, “Pak Guru ada bacirita5 apa?”
“Oh, bukan apa-apa, Opo,” jawab Pak Bagus enggan menjelaskan.
Beberapa hari kemudian, anjing Rio membaik dan akhirnya kembali sehat. Padahal Rio sudah berpikir macam-macam hingga takut kalau anjingnya akan mati. Ia pun senang bukan kepalang dan berterima kasih kepada Pak Bagus atas mantranya yang begitu mujarab untuk menyembuhkan.
Selang beberapa waktu, Kakek Rio sakit-sakitan tak kunjung sembuh walau sudah diobati dengan cara tradisional maupun modern. Rio pun teringat akan kalimat-kalimat yang diucapkan Pak Bagus kala anjingnya sakit. Didekatinya Sang Kakek, sambil mengusap lembut kepalanya, Rio merapal, “Su … Asu … ne arep urip, yo waras’o. Nek arep matek, yo matek’o.”
***

#TantanganODOP5
#komunitasonedayonepost
#ODOP_6
#Day41
#fiksi
______________
1Panggilan untuk laki-laki muda (Bahasa Sangihe).
2Anjing saya sudah tiga hari ini sakit (Bahasa Manado).
3Saya (Bahasa Manado).
4Jing … Anjing … kalau mau hidup, sehat lah. Kalau mau mati, ya mati saja (Bahasa Jawa).
5Bicara (Bahasa Manado).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar